Senin, 23 September 2013

Khusyu'

Pagi ini kita akan sedikit membahas mengenai aliran pemahaman sufi. Sufi dikenal sebagai jalan atau aliran pemahaman yang cenderung mendekatkan diri pada zat Tuhan dan menjauhi kegemerlapan dunia. Para penganut aliran sufi dikenal sebagai orang yang sangat rendah hati, tidak terlalu menyukai tema-tema pembahasan yang berkaitan dengan kenikmatan duniawi.

Namun, seorang kawan saya tidak setuju dengan hal tersebut. Dia mengatakan bahwa seorang sufi itu tidak berarti tak mempunyai obsesi duniawi. Seorang sufi sah-sah saja memiliki obsesi duniawi, namun tidak sering dibicarakan. Karena dengan mengumbar-ngumbar obsesi duniawi, menurut dia, itu sama saja dengan mengabaikan hal-hal kecil yang dapat mengantarkan pada proses terwujudnya obsesi tersebut. Sehingga, seorang sufi cenderung untuk menyembunyikan obsesi duniawinya, dengan tetap teguh dan konsisten menjalankan detil-detil yang harus dilakukan untuk mewujudkan obsesi tersebut, apapun komentar orang sekitar dia, hingga obsesi itu terwujud. Itu pendapat kawan saya.

Pendapat yang lain, juga dari kawan saya. Ia mengatakan bahwa sufi itu adalah salah satu jalan yang ditempuh oleh manusia untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta, dengan pemahaman "hati", dengan pengalaman-pengalaman spiritual. Jalan yang lain yang ditempuh manusia untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta ialah dengan filsafat. Yang menempuh jalan pemahaman melalui akal. Dengan melakukan suatu pemikiran-pemikiran yang demonstratif hingga mencapai pada kedekatan dengan Sang Pencipta.

Bagi saya perbedaan cara pandang seperti 2 hal di atas tidak seharusnya menjadi masalah. Selama kedua cara tersebut tetap di backup dengan konsep aqidah yang benar sesuai dengan aqidah Islam yang aqliyah (logis), tanpa ada takhayul dan khurafat. Dan tentunya mencapai apa yang dituju yaitu kedekatan dengan Sang Pencipta, atau dalam bahasa al Qur'an disebut khusyu'.

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (QS. Al Baqarah : 45-46)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

be responsible with your comment....