Selasa, 10 Desember 2013

Piktograf


Anda pernah menonton film The Croods? Film tersebut menceritakan tentang satu keluarga manusia gua, yang kemudian bertemu dengan seorang manusia cerdas, dan memperoleh banyak pengetahuan baru tentang cara bertahan hidup. Dalam film itu diceritakan keluarga Grug sering mendengarkan cerita yang dibawakan oleh Grug sendiri sebagai kepala keluarga. Ia menggunakan media dinding gua untuk menggambarkan ceritanya. Dengan menggambar di dinding gua. Nah, gambar atau lukisan tersebut disebut Piktograf.

Piktograf ialah gambar atau lukisan yang dibuat di atas batu. Piktograf tidak sama dengan ukiran pada batuan (petroglif). berikut ini adalah beberapa foto piktograf yang ditemukan di gua-gua di seluruh dunia yang diperkirakan merupakan tempat tinggal hominid ribuan tahun lalu sebelum masa manusia modern, yang kemungkinan salah satunya adalah gambar hasil karya Grug :)

1. Cave of the Hands, Argentina
Cueva de las Manos (Bahasa Spanyol dari Cave of the Hands) adalah deretan gua-gua di Argentina yang di dalamnya terdapat gambar karya manusia purba yang berumur sekitar 9000 tahun yang lalu. Dinding gua di foto berikut merupakan salah satu dari dinding gua yang tergambar oleh siluet tangan. Diperkirakan gambaran siluet tangan tersebut dibuat dengan menempelkan tangan pada dinding kemudian disemprotkan semacam cairan ke atas tangan. Cueva de las Manos saat ini sudah termasuk ke dalam UNESCO World Heritage Site. Image by edurivero © iStockphoto.com.

Tidak semua gambar di gua ini berupa siluet tangan. Ditemukan juga beberapa gambar berupa desain geometri, hewan, pemburu, dan senjata. Zat warna yang digunakan ialah oksida besi (merah), kaolin (putih), natrojarosite (kuning), dan oksida mangan (hitam). Image by edurivero © iStockphoto.com.

2. Ontario, Canada
"Two Figures" dari piktograf di Agawa Rock, Lake Superior Provincial Park, Ontario, Canada. Image by David Lewis © iStockphoto.com.


3. Canyon de Chelly, Arizona
Piktograf dan petroglif karya manusia Amerika di Canyon de Chelly National Monument. Image by Karen Parker © iStockphoto.com.


4. Aruba
Piktograf purba di sebuah gua di pulau Aruba. Image by zinchik © iStockphoto.com.


5. Namibia
Piktograf tentang suku bushmen dari Gurun Namibia. Image by Jan Derksen © iStockphoto.com.

6. Australia
Piktograf Aborigin yang dibuat oleh manusia Gagudju, Australia Utara. Gambar ini diyakini berumur 5000 tahun. Image by Matthew Scherf © iStockphoto.com.


7. Afrika Selatan
Piktograf pada sebuah dinding batu di Drakensberg, Afrika Selatan. Image by Henk Badenhorst © iStockphoto.com.

Gambar pemburu pada dinding gua di Cedeberg, Afrika Selatan. Gambar ini diperkirakan berumur 1500 tahun. Image by skilpad © iStockphoto.com.

8. Brazil
Piktograf yang dilukis pada gua Monte Alegre, Brazil. Image by Brasil2 © iStockphoto.com.
 
9. Utah
Piktograf yang menunjukkan orang-orang Fremont, dan kebudayaannya. Image by Andrea Gingerich © iStockphoto.com.


Piktograf tangan orang Amerika asli, di Canyonlands National Park, Utah, AS. Image by Andrea Gingerich © iStockphoto.com.


10. British Columbia, Kanada
Piktograf yang dilukis di tebing dekat Danau Vaseux, British Columbia, Kanada. Image by Laure Neish © iStockphoto.com.


11.  Meksiko
Piktograf di Meksiko. Image by Juan Rodriguez © iStockphoto.com.


12. Nevada
Piktograf yang dibuat oleh orang asli Amerika di Red Rock Canyon, Nevada, AS. Image by Robert Maxwell © iStockphoto.com.



Sumber: http://geology.com/articles/petroglyphs/more-pictographs.shtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

be responsible with your comment....