Sabtu, 06 Maret 2010

Apakah Bencana itu benar-benar Bencana?


Q: teman teman ane mau nanya nih?....kenapa banjir...gempa bumi, tanah longsor dibilang bencana alam ya?....mana yang lebih dahulu diciptakan..manusia apa alam?...mengapa manusia mengatakan alam itu bencana?....

A: yang lebih dulu diciptakan itu alam, kemudian manusia. kemudian mengapa manusia menyebut semua proses2 alam adalah bencana, karena manusia menganggap bahwa proses2 alam itu memberikan suatu kecelakaan bagi manusia. padahal, seharusnya manusia bisa berpikir dari berbagai sudut pandang. seandainya manusia memposisikan dirinya sebagai alam, proses2 alam, yg manusia sebut sebagai bencana, itu adalah hal yg normal. mengingat begitu banyak dan cepatnya perubahan yg artifisial, sehingga memaksa alam untuk ikut menyesuaikan, berubah secara cepat dan mendadak. sebagai contoh, kalo kita pelajari sejarah alam, dahulu juga terjadi apa yang sekarang kita sebut pemanasan global. namun, bedanya dengan sekarang, pemanasan global pada zaman dahulu terjadi dalam kurun waktu yang panjang, dalam orde jutaan tahun. sehingga efek yang ditimbulkan tdklah parah seperti sekarang. yah, lagi2 karena pada zaman dahulu, perubahan2 artifisial oleh manusia tidaklah secepat dan seintens sekarang.

sekadar mengingatkan, marilah kita hidup berdampingan dengan bumi dalam simbiosis mutualisme, bukan sebagai parasit bagi bumi, karena kita adalah sama2 makhluk Allah azza wa jalla.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

be responsible with your comment....